Biologi Kelas 11 ---> Uji Kompetensi Bab 2 ( Jaringan Tumbuhan )

UJI KOMPETENSI BAB 2


1. Jaringan penyimpanan udara (paerenkim) pada tumbuhan adalah termasuk pada jaringan .....

2. Jaringan penguat pada tumbuhan dikotil yang sel penyusunannya masih hidup adalah .....

3. Jaringan dasar yang berperan dalam regenerasi dan pembentukkan tunas adalah .....

4. Pada batang tumbuhan dikotil, aktivitas Kambium Vaskuler ke arah dalam menghabiskan .....

5. Nama dan tempat jaringan di atas serta fungsinya adalah .....

6. Kayu pinus tersusun oleh sel-sel panjang berujung runcing dan bernoktah yang berfungsi untuk mengangkut air dari akar ke daun. Sel-sel yang dimaksud adalah .....

7. Kambium Veskuler ke arah luar dapat menghasilkan .....  

8. Jaringan tumbuhan yang berperan dalam pertumbuhan sekunder dengan arah melebar adalah .....

9. Pernyataan yang benar tentang gambar dan bagian yang berlabel X adalah .....

10. Fungsi dan nama jaringan dengan petunjuk x adalah .....

11. Berikut ini modifikasi dari jaringan parenkim adalah .....

12. Jaringan tumbuhan yang berfungsi menyokong jaringan pada tangkai daun adalah .....

13. Ciri-ciri :

       A = Bentuk sel persegi panjang, sel-selnya rapat, tidak ada ruang antar sel, pada beberapa tempat mengalami modifikasi.

        B = Merupakan jaringan majemuk, terhadap sel-sel dengan diameter besar yaitu trakea, sel-selnya berupa sel-sel mati dengan dinding sel berlignin.

Jaringan yang dimaksud adalah .....

14. Jaringan parenkim yang memiliki kloroplas adalah .....

15. Ikatan diantara floem dan xilem yang berdampingan dan memiliki kambium adalah .....

16. Jaringan pada daun yang secara efisien menyerap cahaya matahari adalah .....

17. Kultur jaringan tanaman dapat dilakukan karena setiap sel atau jaringan memiliki kemampuan .....

18. Fungsi pada bagian x di atas adalah .....

19. Akar dan batang monokotil memiliki perbedaan, karena pada akar terdapat .....

20. Jaringan yang di tunjukkan oleh nomor 2 berfungsi sebagai .....


JAWABAN dan PEMBAHASANNYA :


1. E. Parenkim

    --> Parenkim adalah suatu jaringan yang terbentuk dari sel-sel hidup, dengan struktur morfologi dan juga fisiologi yang bervariasi dan masih melakukan segala kegiatan proses fisiologi.

2. B. Kolenkim

    --> Fungsi kolenkim adalah sebagai jaringan penguat terutama pada organ-organ tumbuhan yang masih aktif mengadakan pertumbuhan dan perkembangan.

3. D. Meristem

    --> Jaringan yang terdiri atas kumpulan sel muda yang terus membelah menghasilkan jaringan baru. Jaringan meristem dibagi menjadi 3 yaitu 1. Meristem Apikal, 2. Meristem Interkalar, 3. Meristem Lateral.

4. E. Xilem Sekunder

    --> Xilem Sekunder adalah pembuluh xilem yang terbentuk dari kambium. Xilem sekunder memiliki parenkim yang berasal dari kambium yang berbentuk Fusiform atau bentuk sel jari-jari, sehingga diperoleh sel-sel yang sumbu panjangnya mengikuti arah jari-jari organ.

5. B. Epidermis dan daun serta berfungsi untuk pertukaran udara

    --> Stomata adalah bukaan-bukaan kecil di daun yang jika membuka secara maksimal hanya selebar 0,0001 mm. Stomata diapit oleh sepasang sel penjaga yang mirip dengan dua sosis yang melengkung.

6. C. Sklereid

    --> Sklereid adalah (sel-sel batu) berasal dari sel-sel parenkim (melalui penebalan sekunder dinding selnya disebut juga sel batu yang terdiri atas sel-sel pendek. Sklereid terbentuk sebagai kumpulan sel yang padat di bagian dalam jaringan parenkim yang lunak.

7. C. Floem Sekunder

    --> Inisail jejari ( Ray Initials ) pada kambium menghasilkan sel-sel balik ke arah xilem maupun floem sehingga jejari xilem dan floem berkesinambungan. Di dekat tempat kambium ukuran jejari xilem dan floem sama, tetapi pada banyak tumbuhan.

8. C. Kambium

    --> Kambium adalah lapisan jaringan meristematik pada tumbuhan yang sel-selnya aktif membelah dan bertanggung jawab atas pertumbuhan sekunder tumbuhan. Kambium ditemukan pada batang dan akar.

9. D. Batang, dikotil, kambium

10. E. Pemanjangan ujung batang, meristematik

    --> Meristematik adalah jaringan pada tumbuhan berwujud sekumpulan sel-sel punca yang aktif melakukan pembelahan sel. Jaringan meristematik yang terbentuk karena induksi ini dinamakan kalus.

11. D. Mesofil

    --> Mesofil adalah jaringan yang ditemukan di bagian dalam daun, tersusun dari sel parenkim yang fotosintetik, yang juga disebut sel klorenkim.

12. E. Kolenkim

    --> Kolenkim adalah sebagai jaringan penguat terutama pada organ-organ tumbuhan yang masih aktif mengadakan pertumbuhan dan perkembangan.

13. E. Epidermis Xilem

    --> Xilem adalah salah satu dari dua kelompok utama jaringan pembuluh yang dimiliki oleh tumbuhan berpembuluh ( Tracheophyta ).

14. A. Mesofil

    --> Mesofil banyak mengandung kloroplas dan ruang antar sel. Mesofil bersifat homogen dan terdiri dari jaringan tiang (Palisade) dan jaringan Spons (bunga karang).

15. B. Kolateral Terbuka

    --> Pada tipe ini antara xilem dan floem terdapat kambium, pada ikatan kolateral terbuka terdapat kambium diantara berkas pembuluh.

16. A. Parenkim Palisade

    --> Stomara bisa disebut mulut daun yang salah satunya berfungsi untuk fotosintesis. Fotosintesis adalah proses pembuatan makanan dengan bantuan sinar matahari, karbondioksida, dan air.

17. B. Totipotensi

    --> Totipotensi adalah kemampuan suatu sel untuk dapat memperbanyak diri dalam keseluruhan (total) kemungkinan perkembangan yang dimungkinkan.

18. D. Mengangkut zat makanan

    --> Karena pada bagian x adalah floem. Fungsi floem antara lain sebagai pengangkut atau yang menyalurkan hasil fotosintesis yang berasal dari daun keseluruh bagian tanaman untuk proses pertumbuhan.

19. D. Persikel

    --> Periskel adalah lapisan terluar dari stele (silnder pusat) yang berperan dalam pertumbuhan sekunder dan pertumbuhuan akar kesamping.

20. A. Tempat Fotosintesis

    --> Parenkim palisade adalah tempat fotosintesis utama yang memanjang terdapat di daun, tepat di bawah jaringan epidermis.




Hendi Putra Hardiansyah

14/11/2020 17:48 WIB